Selasa, 08 Mei 2012

Cara Membuat Aplikasi Portable Secara Manual

Tentu sebagian besar orang pernah menggunakan aplikasi portable. Aplikasi portable merupakan aplikasi yang dapat langsung digunakan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu ke dalam laptop atau PC. Sebagai contoh, apabila suatu saat ingin mengedit dokumen Microsoft Word, namun di komputer belum terpasang aplikasi Microsoft Word, maka aplikasi portable dari Microsoft Word dapat langsung menjalankan aplikasi tersebut tanpa perlu instalasi terlebih dahulu seperti penggunaan membuka, mengubah serta menyimpan dokumen. Yang akan dibahas pada artikel ini adalah bagaimana cara untuk membuat aplikasi portable tersebut baik secara langsung maupun secara manual atau membuat sendiri aplikasi portable tersebut.

Semua aplikasi-aplikasi yang terinstal pada komputer kita sebenarnya sudah disediakan gratis untuk diunduh gratis di internet dengan membuka alamat berikut ini portableapps.com. Sayangnya tidak semua aplikasi yang diinginkan dapat diunduh. Jika begitu maka solusinya adalah dengan membuat sendiri aplikasi yang ingin dijadikan portable. Untuk membuat aplikasi portable diperlukan aplikasi tambahan, satu aplikasi yang mudah digunakan untuk membuat aplikasi portable adalah ‘Cameyo’. Silakan unduh dengan mengunjungi alamat berikut ini www.cameyo.com aplikasi ini gratis dan kapasitasnya tergolong kecil hanya 6.67 MB saja. Aplikasi portabel pun dapat kita jadikan aplikasi permanen seperti aplikasi lainnya tanpa harus memasangnya ke dalam laptop dengan cara membuat satu folder khusus di direktory C:/ kemudian klik kanan dan buat shortcut-nya pada desktop.

Nama Penulis: Imaduddin, Tanggal terbit: 26 Desember 2011
Didukung oleh: Tutorial Pembelajaran,
<a href="http://tutorial-pembelajaran.blogspot.com/">Tutorial Pembelajaran</a>
Cara menggunakan aplikasi Cameyo mudah, cukup dobel klik programnya dan silakan tunggu hingga muncul menu windows ‘Proceed with installation’ kemudian pilih aplikasi yang ingin dijadikan portable pasang atau instal aplikasi tersebut ke dalam laptop terlebih dahulu. Setelah proses instalasi selesai, silakan klik tombol atau button ‘Install done’ pada menu windows Cameyo tersebut. Otomatis posisi atau tempat di mana aplikasi yang sudah dibuat akan ditampilkan. Dengan begitu, kita dapat menggunakan aplikasi portabel yang sudah dibuat di komputer manapun. Sekian sedikit tutorial menganai cara membuat aplikasi portable secara manual. Semoga informasi yang sedikit tersebut dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar