Senin, 11 Maret 2013

Sistem Informasi Pemesanan Kamar

1. Halaman Login. Terdiri Dari Level Login, Username Dan Password. Menggunakan Validasi Hak Akses Sistem Yang Berguna Untuk Keamanan Hak Akses.


Ketika pengguna login sebagai admin, maka sistem akan menampilkan seluruh menu seperti berikut : (LIHAT LINGKAR MERAH)



Dan ketika pengguna login sebagai manager, maka sistem hanya akan menampilkan sebagian menu saja :
(LIHAT LINGKAR MERAH)


2. Data Master 

a. Data Master Hak Akses (Berguna Untuk Menambahkan Pengguna Sistem)
Menu : Data Master --> Data Hak Akses


Data yang diinputkan terdiri dari Username, Password, Nama, Dan Level (Admin/Manager).
Anda Dapat Melakukan Kegiata Menghapus dan Mengedit Data Hak Akses Pada Sistem.

b. Data Master Tamu (Digunakan Untuk Menambahkan Tamu Yang Ingin Check In Pada Hotel)


Data Tamu Terdiri Dari No KTP, Nama, dan Alamat. Sistem Penginputkan Data Memiliki Validasi. Anda Juga Dapat Melakukan Penghapusan dan Pengeditan Data Pada Tamu. Data Tamu Nantinya Akan Digunakan Untuk Pemesanan Kamar.

c. Data Master Jenis Kamar (untuk menentukan jenis suatu kamar beserta harga dan fasilitas)

Data ini nantinya akan digunakan untuk menginputkan data kamar. Ketika kamar diinputkan maka kita harus memilih jenisnya.


Data yang diinputkan dapat dilihat seperti berikut. Anda Juga Dapat Mengedit dan Menghapus Data


d. Data Master Kamar


Data master kamar yang diinputkan adalah nomor kamar, dan jenis kamar. Jenis Kamar Berasal Dari Data Master Jenis Kamar Yang Telah Diinputkan. lihat di bawah ini :

Tampilan Berdasarkan Database.

Anda juga dapat melakukan penghapusan dan pengubahan data pada data kamar. Selain itu anda juga dapat melakukan pencarian dan pencetakan data kamar pada gambar di sudut kiri tabel data kamar.

e. Data Master Makanan


Data Master Makanan Digunakan jika ada tamu yang memesan makanan pada saat Check In. Sehingga pada saat pembayaran, Harga Menginap akan ditambahkan dengan harga pemesanan makanan secara otomatis.

3. Pemesanan

Pemesanan kamar dilakukan dengan cara memilih tamu yang sebelumnya telah diinputkan ke dalam sistem dari data master, memilih jenis kamar, dan memilih kamar. No kamar akan tampil sesuai dengan jenis kamar yang telah ditetapkan sesuai keinginan. Kamar Yang Berstatus "Berisi" Otomatis Tidak Akan Tampil.


Nama dipilih dari data tamu yang telah disimpan sebelumnya (data ditampilkan berdasarkan database)


Jenis Kamar Dipilih Berdasarkan Database. Lalu Nomor Kamar Akan muncul sesuai dengan jenis yang ditentukan


Tanggal Masuk dan Tanggal Keluar Dilengkapi Dengan Fitur Datapicker JQuery Otomatis


Tamu Yang Sedang Check In Dapat Memesan Makanan


Pembayaran Dilakukan Setelah Check Out di klik dan Akan Menghasilkan Kwitansi Pembayaran (GUEST BILL) Seperti Berikut Ini :


Sistem Langsung Menambahkan Harga Dengan PPN 10 %.

Jika Ingin Kembali Mencetak Kwitansi Pilih Menu Pembayaran

4. Pembayaran (Mencetak Kwitansi Kembali)


5. Laporan Keuangan

Pilih menu laporan keuangan.


Maka akan muncul seperti ini : Pilih tanggal dari dan sampai. Lalu tekan tombol Cetak.


Maka akan didapati laporan keuangan beserta rekapnya :

Laporan Keuangan :

Rekap Laporan Berdasarkan Jenis Kamar :



Demikianlah Gambaran Umum Tentang Sistem Informasi Pemesanan Kamar Dengan PHP Yang Saya Buat.
Terimakasih Atas Kunjungan Anda.

3 komentar: